Cara Mengetasi Masalah PES yang Tidak Jalan Karna VRAM Unable

Cara Mengetasi Masalah PES yang Tidak Jalan Karna VRAM Unable – Pada postingan sebelumnya sudah di share bagaimana cara mengatasi stop working di PES 2015 (Baca : CaraMengatasi Masalah Stopped Working di PES 2015), sekarang akan dishare bagaimana cara mengatasi masalah PES yang tidak jalan karena VRAM unable.

Masalah ini merupakan masalah klasik di PES, baik itu PES 2013 maupun yang terbaru PES 2015. Untuk mengatasi masalah ini, berikut beberapa tips yang bisa sob pakai. Semoga bermanfaat.

Namun sebelum itu, pastikan spesifikasi PC atau laptop sob memang memenhi spesifikasi minimum PES.


Gunakan settingan paling rendah





Buat sob yang masih main PES 2013, di PESEdit selector biasanya ada pilihan settingannya. Gunakan settingan yang paling rendah, contoh pada resolusi. Jika sudah, sob juga bisa hilangkan ceklis pada “enable frame skipping”, seperti gambar di bawah ini.


Update driver

Cara kedua, sob harus update driver laptop atau PC sob (Baca : Cara Update Driver Nvidia). Caranya, sob tinggal carai di Google. Sesuaikan dengan model graphics sob.


Update direct 11

Jika masih belum bisa juga, coba lagi dengan menginstall atau mengupdate  directx-nya. Directx terbaru adalah versi directx 11.


Tambah VRAM



- Buka my computer >> klik system propertis -> pilih advenced system settings
- Buka tab Advenced >> klik Settings pada option Perfomance
- Akan tampil popup seperti dibawah, klik change pada option virtual memory

Perhatikan gambar yang warnai merah, biru dan kuning tersebut. Sesuaikan costum size (warna biru) seperti yang anda inginkan. Jangan lupa klik set


Ada beberapa rekomendasi bagaimana cara mengatur besarnya virtual memory, yaitu:

1. Samakan besar memory pada initial size dan Maximum size.
2. Kalo menurut microsoft virtual memory yang baik adalah 1,5 dari jumlah memory(DDR-RAM) yang terpasang di PC. Maksudnya, virtual memory anda misalnya 200mb, maka sob tambah menjadi 300mb (ditambah setengah dari 200mb yaitu 100mb).