Cara Mengatasi Masalah Blackbars di PES 2016

Cara Mengatasi Masalah Blackbars di PES 2016 – Masalah balckbars tidak hanya muncul di PES 2015, tapi juga di PES 2016. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Masalah Blackbars di PES 2016


Cara 1

1. Open game settings.exe
2. Set the problematic resolution and make sure its WINDOWED MODE and click OK
3. Open Documents\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2016\settings.dat with hexeditor and replace 5th byte with 00 [ byte after header 57454346 ] and save
4. Dont open settings.exe again [ if you do you will have to do step 3 again
5. Start pes2016.exe
6. Download Borderless Gaming and add PES2016.exe to FAVORITES

LINK TO BORDERLESS GAMING
https://github.com/Codeusa/Borderless-Gaming/releases



Cara 2 (Balckbars di aspect ratio 16:10)

1. Download http://www.monitortests.com/cru-1.1.2.zip
2. itung resolusi monitor 16:10 agan
misal nya monitor ane 1440x900 [HHHHxWWWW]
jadi nanti HHHH nya = 900 x 1,777777777777778 = 1600
nah itu jadi nya nanti Resolusi 16:9 agan ketemu di 1600x900

3. buka CRU nya tadi trus klik "add"
4. pilih Timing nya jadi Automatic LCD Standard
5. Parameters nya agan ganti yang Horizontal nya aja pake yg hasil HHHH tadi
6. Refresh rate 60 Hz trus Ok
7. Trus klik Ok lagi dan Restart PC agan
8. Ganti Resolusi monitor agan jadi yg agan itung tadi, misal : ane punya di ganti ke 1600x900
9. Buka setting.exe PES 2015 trus ganti Resolusi nya 1600x900 trus Ok
10. Ganti lagi Resolusi desktop agan ke awal, misal : ane punya di balikin lagi ke 1440x900
11. Done! enjoy PES 2015 tanpa Blackbars di 16:10 monitor